Mengenal Jenis-jenis Pot

Mengenal Jenis-jenis Pot

Pot merupakan salah satu solusi apabila hunian tidak memiliki halaman cukup luas untuk ditanami tanaman. Ada berbagai macam jenis-jenis pot, mulai dari desain bentuknya, warnanya, bahan pembuatannya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis-jenis Pot beserta Fungsinya

Mengenal Jenis-jenis Pot

 

Apabila Anda sedang bingung dalam menentukan pilihan pada pot untuk tanaman, maka pastikan jangan sampai salah pilih. Bukan hanya dari sekedar desain dan warna saja, melainkan setiap jenisnya memiliki efek berbeda bagi tanaman. Berikut jenis-jenis pot beserta fungsinya.

Pot Berbahan Semen

Jenis pot yang pertama yaitu terbuat dari bahan semen. Pot ini memiliki keunggulan dalam hal daya tahan, kekokohan hingga tidak mudah retak dan pecah. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk meletakkan sebuah tanaman berakar kuat.

Namun kelemahan dari pot ini tidak bersifat fleksibel dalam hal pemindahan saat menentukan penempatannya karena bobonya cukup berat. Apabila ingin menggunakan jenis ini, tentukan terlebih dahulu dimana akan diletakkannya.

Pot Berbahan Tanah Liat

Jenis selanjutnya yaitu terbuat dari bahan pot tanah liat. Pot ini masih menjadi pilihan bagi orang-orang dalam menghias rumahnya. Dengan berbagai macam bentuk serta desain uniknya pada bibir pot dan ukiran-ukirannya menambah nilai estetik pada hunian.

Namun pada penggunaan pot berbahan tanah liat ini ada banyak hal yang harus diperhatikan saat merawat tanaman di dalamnya. Hal itu disebabkan, air akan merembes keluar sehingga membuat akar menjadi busuk serta sangat sensitif terhadap suhu.

Pot Berbahan Kayu

Untuk jenis ini, sangat cocok untuk Anda yang menyukai unsur-unsur serta nuansa alam. Pot berbahan kayu kini menjadi primadona bagi orang-orang dalam mempercantik huniannya karena memiliki nilai estetik.

Ukuran dan bentuknya sangat beragam, namun pada umumnya cenderung memiliki ukuran yang kecil. Pot berbahan kayu biasanya digunakan sebagai aksen ruangan seperti menjadi hiasan di atas meja ataupun setiap sudut rumah.

Itulah tadi pembahasan mengenai jenis-jenis pot beserta fungsi dan pengaplikasiannya. Dalam pemilihan jenis pot, usahakan disesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaannya. Terimakasih, semoga dapat menambah wawasan Anda dan bisa dijadikan referensi terbaik.