Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Berkebun

Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Berkebun

Berkebun memang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk juga Anda yang belum memiliki kemampuan dan pengetahuan akan hal ini. Kegemaran di bidang ini ternyata didukung dengan tanah Indonesia cukup subur dan sangat bagus. Namun ada beberapa hal harus diperhatikan sebelumnya.

3 Hal Utama Harus Diperhatikan Sebelum Berkebun

Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Berkebun

Bagi Anda yang benar-benar ingin memulai untuk berkebun, maka harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini demi meminimalkan adanya kegagalan. Hobi ini memang tidak terlalu rumit namun tetap memerlukan ketelitian dan ketekunan saat menjalaninya. Berikut ulasannya:

    Tanaman yang ingin Ditanam

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda kembangkan. Alangkah lebih baik jika memilihnya sesuai dengan kondisi tanah di sekitar rumah. Tips lain mengatakan untuk menanam beberapa sayuran sehingga bermanfaat ketika sudah panen.

Anda pun bisa juga menanam beberapa tanaman obat-obatan sehingga bisa dikatakan memiliki apotek pribadi di rumah. Sementara jika ingin meningkatkan nilai estetika pada hunian maka cobalah untuk memilih berbagai jenis bunga.

    Mulai dengan Skala Kecil

Sebaiknya Anda menggunakan lahan yang cukup kecil pada saat baru memulainya. Hal ini bisa dikatakan sebagai uji coba apakah berkebun pada area tersebut membuahkan hasil atau tidak. Nantinya dapat diketahui apa saja faktor kegagalannya mulai dari akses matahari atau media tanamnya.

Anda pun tidak memerlukan banyak waktu ketika memulai berkebun pada skala kecil ini. Jadi sistem perawatan pun terbilang cukup mudah untuk menunggu tanaman tersebut panen sekaligus mempelajari sifat-sifat dari tumbuhan yang ditanam.

    Buat Tanah Agar Lebih Subur

Jangan lupakan betapa pentingnya media tanam yang akan digunakan. Anda harus memberikan pupuk atau setidaknya mencari tanah gembur dengan unsur hara mencukup demi mengoptimalkan pertumbuhan dari tanaman tersebut.

Anda pun harus memberikan pupuk secara rutin dan memastikan saluran air mampu memenuhi kebutuhan dari tanaman. Jangan sampai membuat aliran penyiraman tergenang atau bahkan tidak lancar karena bisa mengganggu proses pertumbuhannya.

Ketiga hal utama di atas perlu Anda perhatikan sebelum benar-benar memulai untuk melakukan hobi berkebun. Kegiatan ini memang memerlukan ketelitian sehingga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. kunjungi situs berkebun.co.id jika ingin mendapat informasi bercocok tanam lainnya.