8 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

8 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Related Post

  • No related post.

    Makanan khas Nusa Tenggara Barat tampaknya semakin menambah keistimewaan Nusa Tenggara Barat. Sehingga tak heran wilayah ini semakin banyak didatangi oleh para wisatawan. Berikut deretan kuliner lezat makanan khas Nusa Tenggara Barat yang wajib Anda coba.

    8 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

    1. Plecing kangkung

    Makanan khas Nusa Tenggara Barat yang satu ini tampaknya sangat terkenal dan bisa ditemukan dengan mudah di Lombok atau NTB. Memang secara sekilas makanan ini memiliki tampilan yang biasa saja. Namun plecing kangkung rupanya memiliki citarasa khas yang lezat karena merupakan perpaduan dari cabai rawit dan garam.

    2. Ayam taliwang

    Ayam taliwang juga menjadi makanan khas Nusa Tenggara Barat yang juga sangat diminati oleh masyarakat setempat dan juga oleh para wisatawan. Ayam taliwang merupakan jenis makanan yang sudah tentu terbuat dari bahan dasar ayam. Bahan dasar ayam ini kemudian diolah dengan menggunakan bumbu rempah-rempah yang sangat khas. Ayam yang dipilih ayam muda sehingga dagingnya empuk.

    3. Sate bulayak

    Nama makanan ini tampaknya masih kurang familiar. Namun sebenarnya sate bulayak ini termasuk makanan lezat yang hampir sama dengan sate lainnya. Hanya saja lontong yang digunakan pada makanan ini cukup unik karena menggunakan daun aren berbentuk spiral yang unik. Sate ini terbuat dari daging sapi dan dipadukan dengan sambal ala NTB.

    4. Sate pusut

    Sate jenis ini menggunakan daging dengan ukuran yang lebih besar daripada sate pada umumnya. Ukuran daging yang digunakan sekitar 3 cm. Sate ini biasanya disajikan dengan menggunakan tomat dan lalapan sawi sehingga Anda akan semakin berselera makan setelah mencicipinya. Daging pada sate ini ditusuk dan kkemudian dibakar dengan menggunakan bumbu rempah-rempah.

    5. Nasi balap

    Nasi ini disajikan dengan disertai campuran dari beberapa resep masakan khas Nusa Tenggara Barat lainnya. Misalnya saja seperti sambal daging dan kedelai goreng serta kentang goreng kremes. Nasi balap ini tampaknya sangat populer sebab nasi ini memiliki citarasa pedas yang khas. Selain itu makanan ini disajikan dengan tambahan bumbu khas dari suku Sasak yang sangat enak.

    6. Ares

    Makanan selanjutnya yang tak kalah enak dari menu lainnya adalah ares. Makanan ini terbuat dari bahan utama berupa pisang kepok yang masih muda. Lalu pisang kepok muda ini dicampur dengan bumbu khusus khas Lombok. Makanan ini sebenarnya memiliki citarasa yang hampir sama dengan makanan NTB lainnya yaitu citarasa pedas.

    7. Poteng jaje tujak

    Kuliner yang satu ini tampaknya dapat ditemukan dengan lebih mudah pada saat Lebaran tiba. Sbeab makanan khas Nusa Tenggara Barat ini biasanya disajikan pada saat lebaran. Poteng disebut pula tape ketan sedangkan jaje tujak adalah tetel. Biasanya makanan ini diolah dengan menggunakan daun suji dan daun pandan yang sudah dicampur. Makanan langka ini sekarang semakin sulit untuk didapatkan sekalipun di NTB.

    8. Babalung

    Jika melihat atau mendengar namanya maka sudah bisa ditebak bahwa makanan ini sangat identik dengan tulang. Memang makanan ini menggunakan bahan utama berupa iga sapi atau tulang kerbau. Tentunya tulang dicampur dengan cabe rawit dan bawang serta bumbu rempah lainnya. Penyajian babalung ini disertai dengan adanya taburan bawang goreng yang cukup melimpah.

    Makanan khas Nusa Tenggara Barat yang lezat tentu akan sangat cocok di lidah Anda. Citarasanya yang khas tentu akan menimbulkan kesan tersendiri bagi Anda yang pernah mencicipi makanan khas daerah ini. Beragam hidangan khas NTB memang dikenal enak dan unik dengan harga terjangkau.